God Of Study (공부의 신 )

huhuh, siapapun yang sudah melewati masa SMA pasti suka dengan drama ini. setidak nya itu yang gw rasakan, drama yang diadaptasi dari dorama Jepang Dragon Sakura ini akan membuat kita bernostalgia dengan masa SMA, khusus nya ketika belajar mati-matian untuk lulus ujian masuk universitas. cerita berawal dari pengacara Kang Seok Ho yang mendapatkan kasus penutupan sekolah SMA Byeong Mun.

sekolah ini sudah mendekati masa resesi dan ingin ditutup karena setiap tahun, jumlah siswa baru nya menurun, didukung pula dengan anak2 nakal yang sekolah disekolah ini, warga disekitar sekolah benci dengan sekolah ini. Pertama nya, Kang Seok Ho yang ternyata alumni sekolah ini ingin membantu penutupan sekolahsampai akhirnya dia mengubah niat tetap mempertahankan sekolah. Usulan ini pun dibantah dewan sekolah yang ingin menjual sekolah kepada sebuah perusahaan konstruksi. Kang Seok Ho pun berjanji, jika sekolah ini berhasil memasukkan 5 siswa ke universitas elit, Cheonha University, maka sekolah ini tidak perlu ditutup. Dia pun mengadakan pengumuman kepada siapa saja siswa yang berminat masuk kelas spesial persiapan masuk Cheon University.

dengan kata lantang nya ‘masyrakat itu ada 2 jenis, yang bodoh akan menjadi budak yang pintar, orang pintar selalu yang membikin peraturan, peraturan ini lah kadang tidak dimengerti orang bodoh, siapa yang bodoh akan jadi sampah masyarakat, tidak ingin jadi sampah, bergabung dengan kelas spesial ini, masuklah Cheon Ha University’. Kata2 dia pun mendapatkan ocehan dari semua siswa nakal disekolah itu, termasuk Hwang Baek Hyun(Yoo Seung Ho) yang mengatakan ‘kita tidak mampu, semua siswa disini punya masalah pribadi, makanya mereka tidak bisa lepas jadi sampah masyarakat’.

dengan usaha nya, Kang Seok Ho pun akhirnya mendapatkan 5 siswa termasuk Hwang Baek Hyun yang masuk kelas ini karena nenek nya. ada Gil Pul Ip(Go Ah Sung) yang ingin mengubah hidup nya, Oh Bong Goo(Lee Chan Ho) yang punya semangat tinggi untuk belajar, Hong Chan Doo(Lee Hyun Woo) karena tertekan dirumah dia selalu disuruh tidak keluar oleh ayah nya yang malu jika ada tamu dirumah menanyakan dia masuk sekolah mana, serta Na Hyun Jung(T-Ara Jiyeon) yang masuk kelas ini karena subang(suami) Hwang Baek Hyun yang dia suka masuk kelas ini.

guru yang bisa mengajar juga jadi faktor keberhasilan siswa, oleh karena itu Kang Seok Ho pun meminta bbrp guru legenda yang bisa membantu dia mengajar untuk kelas spesial ini, konflik terjadi ketika Kang Seok Ho menggantikan guru Han Soo Jung dnegan guru bahasa inggris pilihan dia, bagaimana perasaan seorang guru jika murid dia diambil orang lain. nah konflik lainnya sangat menggambarkan apa sih kendala seorang siswa ketika mereka belajar, faktor orang tua, spt Oh Bong Goo yang orang tua selalu bilang ‘tidak apa2, kalo nilai jelek, ga usah belajar, orang tua kamu aja bisa hidup tanpa harus rajin belajar’, padahal anak nya pengen mengerti pelajaran yang dia dapat disekolah.


terus selama 1 tahun untuk masuk Cheon Ha University, mereka dikenalkan berbagai teknik belajar yang cepat, dengan pemahaman konsep, spt matematika, mengerjakan soal matematika sebanyak2 nya(lagi2 teknik ini gw setujui karena gw juga melakukan nya waktu ikut SPMB, hohoho), terus apa si yang membuat siswa tidak betah dengan soal menghafal, atau fisika yang rumus nya tidak dimengerti, semua nya diberitahu disini. bbrp teknik bener2 yang dilakukan mnrt gw tepat, dan bersifat umum.


apa yang menarik didrama ini adalah mengungkapkan semua isu dan masalah yang terjadi pada siswa sekolah, mulai dari rasa gugup ketika menghadapi ujian dan ‘pikiran negatif’ yang mengatakan, ‘otak saya bodoh, jadi nya saya tidak akan berhasil walaupun belajar’, ini sekali terjadi di drama ini, yang bikin gw nangis mewek, atau kasus dimana siswa tidak mendapat dukungan yang baik dari orang tua dan lingkungan nya untuk belajar dengan baik, bener2 bikin hati sedih nonton nya hohohoh…


setelah 1 tahun berlalu, dan siap menghadapi ujian, hal nyata terjadi juga di drama ini, ada yang berhasil ada yang tidak, Oh Bong Goo dan Gil Pul Ip yang berhasil masuk Cheonha University, Hwang Baek Hyun yang lulus, akan tetapi dia lebih memilih masuk Daepyeong University untuk menjadi dokter sambil menjaga nenek nya, Chan Doo yang lebih memilih untuk meneruskan perjuangan menjadi break dancer karena dia yakin dia akan sukses disana, dan Hyun Jung yang menangis karena tidak lulus, dan mengatakan akan mencoba tahun berikut nya. semua nya bikin hati sedih nonton nya, bener2 gw jadi ingat zaman SPMB 5 tahun lalu, ada teman yang lulus, ada yang nggak, ada yang memilih langsung kerja, dll deh. bahkan yang membuat sedih jadi ingat dengan bbrp teman yang tidak pintar, tp karena rajib belajar, mereka lulus SPMB, termasuk gw, hohohoh, gw orang nya ga pintar, tp ada kemauan *plaaakkk*

mugkin drama ini tepat ditonton untuk menjadi semangat anak2 yang merasa ga mampu lulus masuk universitas, sebenernya drama ini juga mengajarkan kehidupan moral, ga lulus atau ga kuliah sebenernya bukan hal yang buruk, akan tetapi pilihlah jalan hidup sendiri, resiko tanggung sendiri, ubah diri menjadi lebih dewasa, itusih sebenernya, dan juga bisa dijadikan bahan introspeksi guru, apakah mereka sudah menjadi guru yang baik atau belum, pesan nya nyampe di drama ini, guru bukan hanya ‘masuk kelas, menyampaikan pelajaran, bel bunyi, saya ga peduli lg sama kalian, yg penting saya masuk dan kasih pelajaran’, tp guru juga harus melihat keadaan murid nya, itulah kata drama ini.

bener2 drama yang menguras air mata deh, gw sih ga melihat versi Dragon Sakura nya, tp mnrt gw Yoo Seung Ho bisa diberikan jempol dnegan akting disini, walaupun gw paling suka karakter Bong Goo dan Chan Doo yang ceria dan berpikir positif. ending nya sesuai dengan keinginan gw, Baek Hyun lebih besama Na Hyun Jung, sedangkan Gil Pul Ip lebih ke Chan Doo. karena mnrt gw pasangan Go Ah Sung – Lee Hyun Woo lebih cocok, drpd Go Ah Sung – Yoo Seung Ho. pada akhir drama juga diperlihatkan siapakah yang pantas dipanggil ’sonsaengnim’(guru). T-Ara Jiyeon sangat menghibur kalo dia sudah manja dan manggil ’seobang’ ke Yoo Seung Ho, gw bukan fans nya T-Ara, tp suka dengan karakter Na Hyun Jung yang dibawakan oleh Jiyeon. Go Ah Sung juga menjadi fav, tp sekali lg fav gw adalah Lee Hyun Woo disini. :D

Komentar
  1. kyusujulovers mengatakan:

    wooow, ni film pasti keren..

    ga sabar pengen liat ah..

  2. ghina mengatakan:

    GUE udh liat n f1lm nya SERUUUU!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s